Uang Bansos Rp 1 Juta Salah Sasaran, Walkot Cilegon Tegur Kadinsos

Uang Bansos Rp 1 Juta Salah Sasaran, Walkot Cilegon Tegur Kadinsos
Foto: Wali Kota (Walkot) Cilegon Helldy Agustian. (M Iqbal/detikcom)

Cilegon - Tiga warga Gunung Sugih, Cilegon, Banten, telah mengembalikan uang bansos sebesar Rp 1 juta sebagaimana permintaan pemerintah setempat. Wali Kota (Walkot) Terkait kasus bansos salah sasaran ini, Walkot Cilegon Helldy Agustian mengaku sudah menegur Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Ahmad Jubaedi.

"Iya, saya awalnya menerima laporan soal bansos itu. Sudah saya perintahkan untuk diselesaikan. Laporan terakhir sudah dibalikin," kata Helldy saat dimintai konfirmasi, Selasa (10/8/2021).

Menurut laporan yang diterima Helldy, ketiga warga tersebut saat ini sedang membangun rumah hasil ganti rugi atas digusurnya rumah mereka. Pemkot Cilegon menganggap ketiga warganya tersebut masuk kategori mampu.

"Ada yang sudah membangun rumah baru, ada juga yang baru bangun pondasi. Sementara yang masih bangun pondasi numpang di rumah saudaranya," ucap Helldy.

Meski demikian, Helldy tidak ingin kejadian tersebut terjadi. Dia meminta jajarannya memperbaiki data penerima bansos.

"Sudah saya tegur Kadinsosnya. Intinya sudah beres lah. Ke depan perlu diperhatikan lagi siapa-siapa yang layak menerima bansos," ujarnya.

Ketiga warga tersebut memang tercatat sebagai penerima Jaminan Sosial Cilegon Mandiri (JSCM) berdasarkan pendataan tahun lalu. Ternyata, ketiganya sudah mendapatkan ganti untung dari proyek perluasan PT Chandra Asri setelah rumah dan tanahnya digusur.

Karena itu Dinsos Cilegon meminta ketiga warga tersebut mengembalikan uang bansos sebesar Rp 1 juta yang cair pada awal Agustus 2021.

"Ya kita secara persuasif meminta untuk mengembalikan ke kas daerah. Yang dua orang sudah mau mengembalikan, yang satu lagi masih diupayakan," sebut Kadinsos Cilegon Ahmad Jubaedi Senin (9/8).

Sumber Berita : https://news.detik.com/berita/d-5676654/uang-bansos-rp-1-juta-salah-sasaran-walkot-cilegon-tegur-kadinsos?_ga=2.20291005.447012022.1628815070-2046417285.1628697612