1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Sekolah Madrasah Se-Banten Sumbang Pengungsi Rohingya Rp630 Juta




Oleh : Nurudin Abdullah, Editor : M. Syahran W. Lubis, Oktober, 10 2017 - 00:42 wib
 

Perempuan pengungsi Rohingya bersama cucunya, saat menunggu bantuan, di Bangladesh, Selasa (19/9). - Reuters/Danish Siddiqui


Kabar24.com, JAKARTA - Bantuan kemanusiaan untuk pengungsi etnis Rohingya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bertambah sebesar Rp630 juta dari sekolah Madrasah se-Provinsi Banteng.

Anggota Baznas, Emmy Hamidiyah, mengatakan satu hal yang cukup membanggakan adalah hanya dalam sepekan pengumpulan dana kemanusiaan dari sekolah Madrasah tersebut bisa menghimpun dana mencapai Rp630 juta.

“Ini luar biasa, patut kita apresiasi dan dijadikan tauladan, karena hanya dalam waktu sepekan bisa terkumpul dana Rp630,45 juta untuk donasi pengungsi Rohingya,” katanya, Senin (9/10/2017).

Menurutnya, dana kemanusiaan tersebut barasal dari sekolah Raudatul Atfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliah di lingkungan wilayah administratif Kantor Wilayah KementerianAgama Provinsi Banten.

Dengan bertambahnya donasi Rp630 juta tersebu, lanjutnya, total dana bantuan untuk Rohingya melalui Baznas dalam dua pekan terakhir ini mencapai Rp4,4 miliar, dengan perincian dari Baznas pusat Rp2 miliar, Baznas provinsi dan kabupaten/kota Rp1,5 miliar dan dari Madrasah Rp630 juta.      

Sebelumnya Ketua Panitia Rapat Koordinasi Zakat Nasional Baznas 2017, Jaja Jaelani, mengatakan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya dari Baznas provinsi dan kabupaten/kota sebesar Rp1,5 miliar dan Baznas pusat Rp2 miliar sehingga total Rp3,5 miliar.

"Donasi ini akan disalurkan oleh tim Baznas Tanggap Bencana untuk para pengungsi Rohingya di Myanmar dan perbatasan Bangladesh,” katanya.

Menurutnya, dalam waktu dekat ini tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) segera berangkat ke daerah tempat pengungsian etnis Rohingya yang ada di wilayah Myanmar dan perbatasan Bangladesh.

Sebelumnya, pada bulan Ramadan yang lalu Baznas juga telah mengirim tim BTB yang membawa bantuan kemanusiaan untuk mayarakat etnis Rohingya di wilayah Myanmar dan perbatasan Bangladesh.
 


Baca Juga