1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Cegah Covid-19 di Indonesia, PT Dover Chemical Cilegon Bantu 5000 Liter Sanitizer Buatan Sendiri




Posted on 24/03/2020 oleh Difa by Redaksi : https://www.kabar-banten.com/
 

Tim kimia PT Dover Chemical memproduksi sanitizer pesanan Mabes TNI untuk membantu pencegahan Covid-19.

CILEGON, REDAKSI24.COM – PT Dover Chemical di Kota Cilegon memproduksi sebanyak 500 ribu liter handsanitizer untuk membantu pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan pencegahan penyebaran Corona virus atau Covid-19.

Humas Resources & General Affair PT Dover, Dade Suparna mengatakan, produksi hand sanitizer awalnya dibuat hanya untuk kebutuhan karyawan dan internal perusahaan. Sebab banyak karyawan yang mengeluh mahalnya harga dan sulitnya memperoleh hand sanitizer.

“Tadinya kami bikin untuk karyawan sendiri, untuk di kantor sendiri, di internal perusahaan,” kata Dade saat ditemui di Kantornya, Selasa (24/3/2020).

Lanjut Dade, pihaknya mengaku memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang kimia. Pasalnya, perusahaannya merupakan pabrik yang memproduksi lem, dan dapat membuat hand sanitizer dengan komposisi sesuai standar organisasi kesehatan dunia (WHO).

“Ketika kami kirim ke grup WhatsApp, ternyata mungkin informasinya keluar, dan akhirnya tembus ke Mabes TNI, beliau minta kepada kami. Secara resmi, di suratnya minta dikeluarkan 500 ribu liter, kami sanggupi. Kemarin dikirim ke Mabes TNI, karena koordinator Pencegahan Covid-19 adanya di Mabes TNI. Kemarin satu truk sudah kami kirim, sisanya nanti Mabes TNI yang ambil kesini,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku sepenuhnya mempercayakan kepada Mabes TNI. Pasalnya mereka yang nantinya akan mendistribusikan hand sanitizer tersebut kepada warga guna meningkatkan antisipasi pencegahan Covid-19.

Ia juga menjelaskan, hand sanitizer dibuat perusahaannya dalam kurun waktu delapan hari dan sebagian bahannya sudah dimiliki PT Dover.

“Ini semua CSR (Corporate Social Responsibility) dari kami, sebagian sudah kami bagikan juga ke masyarakat sekitar sini, kami kasih terutama untuk public service, seperti Pemkot (Cilegon), kantor kelurahan, kecamatan, Polsek,” tuturnya.

Saat ini, kata Dade, baru Mabes TNI yang meminta bantuan untuk dibuatkan. Namun, pihaknya mengaku tidak akan menolak jika ada instansi lain yang memintanya. Namun, lanjut Dade, hand sanitizer yang dibuat perusahaannya bukan untuk dikomersilkan. Ia mengatakan semua itu merupakan bentuk CSR perusahaannya.

“Kalau misalnya ada institusi yang memerlukan, bisa juga mengajukan. Kami ingin bantu pencegahan Covid-19, tapi bukan untuk dikomersialkan,” tambahnya. (Firasat/Difa)



Baca Juga