1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Tekan Angka Pengangguran Cilegon, Industri Diminta Tak Main Petak Umpet Soal Lowongan Kerja




Oleh Redaksi https://www.bantennews.co.id - Jumat, 28 April 2017 | 20:04

Ilustrasi (net)

CILEGON – Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi mengakui pihaknya belum bisa mengentaskan angka pengangguran di Kota Industri. Menurutnya, pengangguran di Cilegon sulit ditekan karena memang industri di kota itu adalah padat modal.

Selain itu, kata Iman, sulitnya menekan angka pengangguran di Kota Baja juga karena banyak pencari kerja daerah lain membanjiri Cilegon. Sehingga peluang kerja warga putra daerah sempit.

“Saya tidak bosan-bosannya mengimbau dan mengajak kepada industri agar memprioritaskan merekrut tenaga kerja lokal. Masalah pengangguran bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi juga tanggugjawab banyak pihak termasuk industri,” ujar Iman, kemarin.

Iman meminta kepada industri dalam perekrutan tenaga kerja harus terbuka dan diketahui masyarakat lokal. Pihaknya meminta setiap ada perekrutan tenaga kerja industri menyampaikan ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon.

“Saya minta bila ada perekrutan tenaga kerja tidak main petak umpet. Tidak usah lah dipublikasin lewat internet. Cukup lewat disnaker saja,” kata Iman.

Guna menekan angka pengangguran, lanjutnya, pihaknya juga berupaya bakal menarik investor yang mau membangun industri padat karya.

“Industri padat karya ini banyak menyerap tenaga kerja. Bisa mencapai ribuan. Nanti lokasinya akan kita tempatkan di jalan lingkar utara. Kami minta masyarakat juga ikut membantu dengan cara tidak menaikkan harga lahan JLU untuk pemerintah,” papar Iman. (Man/Red)



Baca Juga