1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Dokter di Kabupaten Lebak Kembali Positif Covid-19




Penulis Kabar Banten -19 April 2020
 

Covid-19-ilustrasi-1 Foto Illustrasi


LEBAK, (KB).- Kasus seorang petugas medis yang positif Covid-19 di Kabupaten Lebak dikabarkan kembali terjadi. Kali ini, dialami seorang dokter yang bertugas di Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Cipeundeuy, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak.
Juru bicara (Jubir) Gugas Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebak, Firman Rahmatullah mengatakan, dokter atau petugas medis itu merupakan warga Depok, Jawa Barat yang bertugas di Puskesmas Cipeundeuy. Kasus itu terungkap berdasarkan pengakuan dokter itu sendiri.
"Saat ini, pasien masih dirawat di Rumah Sakit (RS) Pasar Minggu Jakarta. Informasi dari yang bersangkutan kepada saya seperti itu (terkonfirmasi Covid-19)," ujarnya, Sabtu (18/4/2020).
Ia belum mendapatkan data otentik hasil pemeriksaan dari pihak RS Pasar Minggu. Apakah pasien itu dinyatakan positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan rapid test atau uji swab.
"Kabar resminya secara data otentik hasil pemeriksaan. Kami belum dapat, sehingga sampai saat ini belum mengetahui terkonfirmasi Covid-19 dari hasil pemeriksaan dengan cara apa, itu yang harus kami pastikan dulu," katanya.
Ia menjelaskan, dokter yang kini kabarnya terkonfirmasi Covid-19 lebih sering berada di luar Malingping. Karena izin terhitung sejak 1 sampai dengan 17 April 2020.
"Saya bersama Kepala Dinkes sekarang ada di Puskesmas Cipeundeuy, Malingping untuk mengecek data yang bersangkutan," tuturnya.
Ia menerangkan, berdasarkan data pada absensi Puskesmas Cipeundeuy, terhitung sejak tanggal 1 sampai 17 April 2020 kemarin, yang bersangkutan masuk kerja ke Puskesmas Cipeundeuy hanya lima hari.
"Keluhan yang dirasakan dokter itu, dimulai tanggal 1, 2, 6, 7 dan 11 April lalu. Pengakuan awalnya mulai batuk-batuk, meriang dan nyeri sendi, lalu pada 8 April mengeluhkan anosmia, yakni tidak mencium aroma bau," katanya.
Terakhir berada di tempat tugas Cipeundeuy, lanjut dia, pada 11 April lalu. Dan tercatat yang bersangkutan tidak masuk kerja dengan keterangan sakit mulai 13 sampai dengan 17 April kemarin.
"Ada sebanyak 52 orang petugas di Puskesmas Cipeundeuy yang perlu dianalisa cek kesehatan. Utamanya yang punya riwayat sempat berhubungan dengan dokter yang bersangkutan selama kurun itu. Ini demi kehati-hatian untuk lingkungan setempat, jadi intinya mereka itu perlu didiagnosa dengan rapid test," ucapnya.
Hal senada dikatakan Kepala Puskesmas Cipeundeuy M Aripudin. Ia mengatakan, dokter yang kini kabarnya sedang menjalani perawatan di RS Pasar Minggu Jakarta merupakan warga kelahiran Riau yang bertempat tinggal di Depok, Bogor.
"Selama bertugas di Puskesmas, ia tinggal di Perumahan Puskesmas yang berlokasi di Desa Cipeundeuy, Malingping. Maret hingga 11 April 2020 yang bersangkutan tinggal di perumahan Puskesmas Cipeundeuy.
"Biasanya pulang kalau hari Jumat sore dan datang Senin pagi. Soal terjangkit tidaknya saya belum tau. Dan yang berhak menjelaskan adalah Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten. Jadi itu tanya langsung ke dr Firman," ucapnya.
Seorang dokter yang bertugas di RSUD dr Adjidarmo Rangkasbitung, Kabupaten Lebak dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Kasus dokter yang diketahui setelah menjalani uji swab itu tidak dicatat di Kabupaten Lebak, namun akan tercatat sebagai pasien positif corona di Jakarta. (DH)*
 
 


Baca Juga

Berita Pilihan

KANWIL KEMENKUMHAM BANTEN KEMBALI MENERIMA KUNJUNGAN KERJA PIMPINAN DAN ANGGOTA PANSUS DPRD KOTA CILEGON

Oleh Kanwil 06 Oktober 2020
 

Illustrasi

SERANG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten melalui Sub Bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah dan Perancang Peraturan Perundang-undangan kembali menerima konsultasi dari Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon pada Senin (05/10).

Baca Selengkapnya

Tiga Besar Lelang Jabatan Sekda Kota Cilegon, Sejumlah Anggota Dewan Sampaikan Ini

Oleh Sigit Angki Nugraha - 15 Oktober 2020, 04:31 WIB
 

Ilustrasi-Lelang-Jabatan /

KABAR BANTEN - Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon buka suara tentang munculnya tiga besar pemenang lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon.

Baca Selengkapnya

CCSR Beri Alasan Usulkan Revisi Rancangan Perda Ke DPRD Cilegon

Oleh A. Laksono Dipublikasi Pada 13 Okt 2020
 

Illustrasi

CILEGON – Usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, untuk perubahan atau revisi Peraturan Daerah (Perda) Kota Cilegon Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Tanggungjawab Sosial Perusahaan.

Baca Selengkapnya

Ini yang Dikatakan Ketua DPRD Kota Cilegon Saat Temui Demo Mahasiswa

Oleh Himawan Sutanto - 7 Oktober 2020, 19:18 WIB
 

Ketua DPRD Cilegon Endang Effendi saat melakukan dialog dengan ratusan mahasiswa yang menggelar aksi demo di depan Kantor DPRD Kota Cilegon, Rabu 7 Oktober 2020. /Himawan Sutanto/

KABAR BANTEN - Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Effendi didampingi anggota Fraksi Persatuan Demokrat Muhamad Ibrohim Aswadi, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, menemui ratusan aktivis mahasiswa yang sedang mengelar aksi.

Baca Selengkapnya

Temui Demonstran, Wakil Ketua DPRD Cilegon Janji Teruskan Aspirasi

Oleh Shinta Amelia On Oct 14, 2020
 

Wakil DPRD Kota Cilegon, Nurotul Uyun

Cilegon, satubanten.com – Mahasiswa Kota Cilegon kembali menggelar aksi unjuk rasa tolak omnibus law UU Cipta Kerja di depan DPRD Kota Cilegon, Banten, Rabu (14/10/2020).

Baca Selengkapnya

Berita Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan, pembahasan agenda kegiatan DPRD KOTA CILEGON, penyampaian LPKJ Walikota Cilegon, masa reses DPRD

Baca Selengkapnya

On Line

We have 14 guests and no members online

Pengunjung

666771
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
66
510
1076
10673
666771

IP Anda: 3.235.85.115