1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Distan Banten dorong petani kembangkan pisang Cavendish yang populer di dunia




Oleh https://banten.antaranews.com/. Senin, 2 November 2020 22:01 WIB
 

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid (Mulyana)


Kami mendorong masyarakat mengembangkan pisang Cavendish, karena memilki nilai jual yang baik. Kalau nama dagangnya itu kan pisang Sunpride
Serang, Banten (ANTARA) - Dinas Pertanian Provinsi Banten mendorong masyarakat khusunya para petani yang memiliki lahan, untuk mengembangkan tanaman pisang Cavendish (Cavendish banana) yang populer di dunia sebagai salah satu buah tropis dan di Indonesia dikenal sebagai pisang ambon putih .
 
"Kami mendorong masyarakat mengembangkan pisang Cavendish, karena memilki nilai jual yang baik. Kalau nama dagangnya itu kan pisang Sunpride," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid di Serang, Senin.
 
Pisang Cavendish yang kini banyak dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa Timur, menurut dia, memiliki nilai jual yang bagus mengingat selama ini pisang tersebut cukup diminati masyarakat.
 
"Kebetulan saya kenal sama distributornya, mereka siap menampung berapapun jumlahnya," kata Agus didampingi Kepala Bidang Hortikultura Distan Banten, Hudri.
 
Agus mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencoba membuat percontohan atau miniatur tanaman pisang tersebut di lahan kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) di Kecamatan Curug, Kota Serang.
 
"Ini kami bikin untuk skala miniatur bukan skala produksi. Kami tanam sekitar 400 batang di Sitandu nanti dikembangkan di masyarakat," katanya.
 
Sementara Kabid Hortikultura Distan Banten Hudri mengatakan, pihaknya di Bidang Hortikultura mendorong masyarakat untuk menanam pohon pisang, karena budi daya tersebut dinilai cukup menjanjikan bagi ekonomi masyarakat.
 
"Nanti masyarakat yang akan mengembangkan, kami hanya memberikan contoh, bahwa teknik budi daya pisang itu ya seperti ini," kata Hudri.
 
Hudri mengatakan, Distan ingin memanfaatkan Sitandu sebagai miniatur pertanian di Banten, selanjutnya masyarakat yang mengembangkan di daerahnya masing-masing.
 
"Selain tanaman pisang, banyak juga yang dikembangkan di Sitandu," kata Hudri. ***1***
Pewarta : Mulyana
Editor : Sambas
COPYRIGHT © ANTARA

 

 


Baca Juga

Berita Pilihan

Kota Cilegon Masih Kekurangan Ruang Terbuka Hijau

Oleh lukman, Tuesday, 10/11/2020
 

detakbanten.com Cilegon - Pemerintah Kota Cilegon harus mencari lahan tambahan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) lantaran saat ini masih kekurangan dua persen untuk memenuhi persyaratan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Kecamatan Ciwandan dan Citangkil.

Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan pemkot akan mengusahakan untuk memenuhi RTH yang masih kekurangan dua persen.

Baca Selengkapnya

Sat Binmas Polres Cilegon Berikan Himbauan Antisipasi Libur Panjang (Long weekend)

EDITOR: Hendra J, Kamis, 29 Oktober 2020 - 16:30
 

Ilustrasi

ANALISNEWS, CILEGON – Himbauan antisipasi libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan di Masjid Jami Al Barkah Kel.Kaltimbang Cibeber Kota Cilegon, Kamis (29/10/2020).

Baca Selengkapnya

Permintaan Diberlakukannya Sekolah Tatap Muka di Kota Cilegon Kembali Muncul, Anggota DPRD Kota Cilegon Minta Pemkot Buka Sekolah

EDITOR: EPENZ Hot News — Rabu, 28 Oktober 2020 12:14 WIB
 

Ilustrasi Belajar online (Merdeka.com/Imam Buhori : Google)

Terasjabar.id - Permintaan diberlakukannya sekolah tatap muka di Kota Cilegon kembali muncul.

Baca Selengkapnya

Hasbi Sidik dan Faturohmi Bersaing Perebutkan Posisi Wakil Ketua DPRD Cilegon

Oleh TitikNOL, titiknol.co.idRabu, 21/10/2020 17:00 WIB
 

Ilustrasi. (Dok: Swarnanews)

CILEGON, TitikNOL - Hasbi Sidik dan Faturohmi, bersaing memperebutkan posisi Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, menggantikan Sokhidin yang maju Pilkada Kota Cilegon.

Baca Selengkapnya

Anggota DPRD Cilegon dedikasikan gajinya bantu modal pedagang kecil

Selasa, 20 Oktober 2020 22:17 WIB
 

Anggota DPRD Kota Cilegon dari Partai Demokrat, Muhammad Ibrohim Aswadi, bersama salah seorang warga penerima bantuan. ANTARA/Susmiyatun Hayati.

Cilegon (ANTARA) - Muhammad Ibrohim Aswadi, salah satu Anggota DPRD Kota Cilegon dari Partai Demokrat ini patut ditiru. Sejak dilantik pada September 2019 lalu, pria yang akrab disapa Mia ini mendedikasikan seluruh gaji yang diperolehnya, dari jabatan sebagai anggota DPRD Kota Cilegon untuk kepentingan masyarakat.

Baca Selengkapnya

Berita Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan, pembahasan agenda kegiatan DPRD KOTA CILEGON, penyampaian LPKJ Walikota Cilegon, masa reses DPRD

Baca Selengkapnya

On Line

We have 10 guests and no members online

Pengunjung

690962
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
366
626
992
18777
690962

IP Anda: 35.153.39.7