1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Banten Hadapi Ancaman PHK Massal Gelombang Kedua




Oleh Difa - 31/08/2020
 

Ilustrasi - Ancaman PHK akibat dampak Covid-19.


KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Provinsi Banten sedang menghadapi gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal gelombang kedua dari puluhan ribu industri yang terkena dampak dari pandemi Covid-19. Pada tahap pertama, gelombang PHK di Banten menimpa sebanyak 18.756 orang dan 29.305 pekerja dirumahkan.
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Disnakertrans Provinsi Banten, Alhamidi saat dikonfirmasi mengatakan, untuk gelombang kedua PHK massal ini diprediksi akan terjadi pada bulan Oktober 2020. Hingga sampai saat ini, kata dia, pihaknya masih melakukan pendataan jumlah pastinya kepada sejumlah industri terkait.
“Sampai sekarang kami masih melakukan verifikasi data karyawan yang akan terkena gelombang PHK massal. Kami akan umumkan pada bulan Oktober mendatang,” ujarnya, Senin (31/8/2020).
Alhamidi menambahkan, gelombang PHK massal tersebut terjadi hampir merata di seluruh industri yang ada di Provinsi Banten, baik industri besar, menangah maupun kecil. Hantaman Covid-19 ini, tambah Hamidi, sangat terasa bagi pelaku usaha industry. Karena itu mereka melakukan PHK massal karena sebagian untuk mengurangi cost operasional yang tinggi.
“Ini merupakan prediksi kami melihat dari kasus PHK massal yang sebelumnya serta hasil koordinasi kepada sejumlah industri yang ada. Upaya kami mendorong kepada mereka agar tidak melakukan PHK karyawan, tetapi lebih kepada dirumahkan saja dulu, setelah kondisi stabil kemudian dipekerjakan kembali,” jelasnya.
Terkait hak karyawan yang terkena dampak PHK dan dirumahkan, Hamidi mengaku sudah menghimbau kepada seluruh industri yang ada agar memberikan hak karyawan sebagaimana mestinya. Akan tetapi, lanjutnya, karena industri juga kondisinya memang sedang mengalami kesulitan keuangan, pihaknya tidak bisa memaksa agar sepenuhnya dilakukan.
“Hal itu bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan keuangan masing-masing perusahaan,” tambahnya.
Sementara itu, anggota Komisi V DPRD Banten, Umar Bin Barmawi berharap, pemerintah daerah segera mengambil langkah kongkret dengan adanya rencana PHK massal karyawan. “Tentunya kalau sudah ada penjelasan dari Disnakertrans, kami meminta Pemprov Banten segera mengambil tindakan dengan steakholder terkait,” katanya. (Luthfi/Difa)
 
 


Baca Juga

Berita Pilihan

Dipanggil DPRD Cilegon, CJ Logistic Korea Akan Dievaluasi

Oleh A. Laksono Dipublikasi Pada 3 Sep 2020
 

Illustrasi

CILEGON – Terkait PT. CJ Logistic Korea Service yang merupakan perusahaan subkontraktor, di salah satu perusahaan Posco Group, akan dilanjuti di Disnaker.

Baca Selengkapnya

Peringatan 1 Tahun Pelantikan DPRD Kota Cilegon Hanya Dihadiri 1 Anggotanya

Penulis https://cilegonnews.com - 01 Sepetember 2020
 

Illustrasi

Cilegon, CNO – Satu anggota DPRD Kota Cilegon, M. Ibrohim Aswadi (MIA) menghadiri diskusi publik dalam rangka memperingati satu tahun dilantiknya anggota DPRD Kota Cilegon periode 2019-2024

Baca Selengkapnya

Malam Puncak HUT RI Berlangsung Meriah, Wakil Ketua DPRD Cilegon: Pemuda Kubles Kreatifitas Tanpa Batas

Penulis Redaksi https://www.medianews.co.id/ - 30 Agustus 2020
 

Illustrasi

Medianews.co.id,- CILEGON,- Acara resepsi malam puncak Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 75 dan juga di resmikannya Gedung Serbaguna DKM Al Hikmah, di jalan Gotong royong, Link Kubang Lesung RT 03 RW 01, Kelurahan Taman Baru Kecamatan Citangkil Berjalan Meriah serta Hikmad, Sabtu Malam, 28/08/2020.

Baca Selengkapnya

Dewan Sebut Kontraktor PT IKPT Tak Hargai Aturan Ketenagakerjaan Di Cilegon

Oleh A. Laksono Dipublikasi Pada 2 Sep 2020
 

Ruang Rapat DPRD Kota Cilegon (Foto Dokumentasi)

CILEGON – Usai rapat dengar pendapat dengan komisi II DPRD Kota Cilegon, PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT) akhirnya berkonsultasi dengan Disnaker Cilegon.

Baca Selengkapnya

Sokhidin Mengundurkan Diri, Ketua DPRD Kota Cilegon Katakan Ini

Sigit Angki Nugraha - 4 September 2020, 06:55 WIB
 

KETUA DPRD Kota Cilegon (Endang Efendi, SE)

CILEGON, TitikNOL - Transfer Informasi tentang virus Corona (Covid-19) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon kepada masyarakat dinilai tidak terkoordinasi dengan baik.

Baca Selengkapnya

Berita Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan, pembahasan agenda kegiatan DPRD KOTA CILEGON, penyampaian LPKJ Walikota Cilegon, masa reses DPRD

Baca Selengkapnya

On Line

We have 7 guests and no members online

Pengunjung

651029
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
412
571
3608
9781
651029

IP Anda: 18.232.133.231