1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Wagub Banten minta wanita pengusaha ikut membantu pulihkan ekonomi




Oleh Pewarta: Mulyana
Editor: Royke Sinaga - Kamis, 3 September 2020 22:14 WIB
 

Covid-19-ilustrasi-1 Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy membuka Musyawarah Daerah I DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Banten di Serang, Kamis (3/9/2020). (ANTARA/Mulyana)


Serang (ANTARA) - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meminta para wanita pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusahan Indonesia (IWAPI) Banten, untuk ikut membantu pemerintah daerah dalam memulihkan perekonomian yang terdampak pandemi COVID-19.
"IWAPI bisa membantu memulihkan ekonomi dengan cara ikut memberdayakan UMKM," kata Andika Hazrumy saat membuka Musyawarah Daerah I DPD IWAPI Banten di Serang, Kamis.
Menurut Andika, dampak dari pandemi COVID-19 laju pertumbuhan ekonomi Banten sempat terkontraksi di angka 7,6 persen.
"Tak bisa dipungkiri, perekonomian nasional bahkan juga global terdampak oleh pandemi ini," katanya.
Pemprov Banten sesuai dengan arahan pemerintah pusat melakukan refocusing anggaran, di mana anggaran-anggaran yang sebelumnya dialokasikan untuk pembangunan dialihkan untuk penanganan pandemi COVID-19.
Menurutnya, refocusing anggaran dimaksud dilakukan untuk 3 hal yakni, pelayanan kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemberdayaan ekonomi.
Andika mengatakan, pemerintah pusat kini telah meminta pemda untuk mulai kembali melakukan penganggaran bagi program kerja pembangunan seperti infrastruktur, utamanya yang pelaksanaan programnya banyak melibatkan masyarakat secara langsung.
"Ini dilakukan agar perekonomian kembali bergerak. Insya Allah Pemprov Banten sendiri 'running' untuk itu di APBD Perubahan (2020) ini," katanya.
Sementara itu, Ketua DPP IWAPI Nita Yudi mengatakan tiga  program utama yang akan dilaksanakan IWAPI, yaitu meningkatkan sumber daya manusia, memperluas jaringan atau networking untuk marketing atau promosi, dan mempermudah akses perbankan untuk menambah permodalan.
"Dari tiga ini tentu untuk meningkatkan SDM dilakukan dengan cara mengadakan pelatihan, training dan lainnya. Tapi tiga program ini tidak akan berjalan kalau tidak memiliki networking dan modal," kata Nita Yudi.
Nita juga menyampaikan, IWAPI adalah mitra strategis dari pemerintah.
Hadir dalam acara tersebut Ketua IWAPI Banten Yati Mahendra, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Banten Siti Maani Nina.
 
 
 


Baca Juga

Berita Pilihan

Dipanggil DPRD Cilegon, CJ Logistic Korea Akan Dievaluasi

Oleh A. Laksono Dipublikasi Pada 3 Sep 2020
 

Illustrasi

CILEGON – Terkait PT. CJ Logistic Korea Service yang merupakan perusahaan subkontraktor, di salah satu perusahaan Posco Group, akan dilanjuti di Disnaker.

Baca Selengkapnya

Peringatan 1 Tahun Pelantikan DPRD Kota Cilegon Hanya Dihadiri 1 Anggotanya

Penulis https://cilegonnews.com - 01 Sepetember 2020
 

Illustrasi

Cilegon, CNO – Satu anggota DPRD Kota Cilegon, M. Ibrohim Aswadi (MIA) menghadiri diskusi publik dalam rangka memperingati satu tahun dilantiknya anggota DPRD Kota Cilegon periode 2019-2024

Baca Selengkapnya

Malam Puncak HUT RI Berlangsung Meriah, Wakil Ketua DPRD Cilegon: Pemuda Kubles Kreatifitas Tanpa Batas

Penulis Redaksi https://www.medianews.co.id/ - 30 Agustus 2020
 

Illustrasi

Medianews.co.id,- CILEGON,- Acara resepsi malam puncak Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 75 dan juga di resmikannya Gedung Serbaguna DKM Al Hikmah, di jalan Gotong royong, Link Kubang Lesung RT 03 RW 01, Kelurahan Taman Baru Kecamatan Citangkil Berjalan Meriah serta Hikmad, Sabtu Malam, 28/08/2020.

Baca Selengkapnya

Dewan Sebut Kontraktor PT IKPT Tak Hargai Aturan Ketenagakerjaan Di Cilegon

Oleh A. Laksono Dipublikasi Pada 2 Sep 2020
 

Ruang Rapat DPRD Kota Cilegon (Foto Dokumentasi)

CILEGON – Usai rapat dengar pendapat dengan komisi II DPRD Kota Cilegon, PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT) akhirnya berkonsultasi dengan Disnaker Cilegon.

Baca Selengkapnya

Sokhidin Mengundurkan Diri, Ketua DPRD Kota Cilegon Katakan Ini

Sigit Angki Nugraha - 4 September 2020, 06:55 WIB
 

KETUA DPRD Kota Cilegon (Endang Efendi, SE)

CILEGON, TitikNOL - Transfer Informasi tentang virus Corona (Covid-19) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon kepada masyarakat dinilai tidak terkoordinasi dengan baik.

Baca Selengkapnya

Berita Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan, pembahasan agenda kegiatan DPRD KOTA CILEGON, penyampaian LPKJ Walikota Cilegon, masa reses DPRD

Baca Selengkapnya

On Line

We have 14 guests and no members online

Pengunjung

651063
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
446
571
3642
9815
651063

IP Anda: 18.232.133.231