1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pelaksanaan dan Pengawasan New Normal di Cilegon Dilakukan secara Preventif, Edukatif dan Humanis; Seperti Apa?




Oleh ; Iyus Lesmana, Senin, 01 Juni 2020
 

Suasana apel gabungan operasi pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan new normal di Cilegon. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Dalam rangka kesiapan menghadapi new normal sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Gugus Tugas Covid-19 Kota Cilegon yang terdiri Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon bersama unsur kepolisian dan Tentara Negara Indonesia (TNI) menggelar apel gabungan operasi pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan, Senin, 1 Juni 2020.

Pantauan BantenHits.com apel dilaksanakan di depan Kantor Wali Kota Cilegon, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Ramanuju, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon.

Kegiatan ini diikuti ratusan personel gabungan lintas sektor dan dipimpin langsung oleh Wali Kota Cilegon Edi Ariadi.

Saat memberikan sambutannya di depan pasukan, Edi Ariadi membeberkan, Presiden Jokowi meminta kepada pemerintah daerah untuk menyosialisasikan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang adaptasi perubahan pola hidup baru atau “new normal”.

New normal tersebut dimaksudkan agar masyarakat saat beraktivitas keseharian tetap melaksanakan gerakan disiplin menjaga protokol kesehatan.

“Pertama menjaga jarak 1,5 meter; menggunakan masker, rutin mengukur suhu tubuh, menyiapkan fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer, mengurangi 50 persen pengunjung di fasilitas publik, bagi perusahaan untuk melakukan disinfektan dan menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerja,” bebernya.

Edi mengatakan, terdapat beberapa titik lokasi awal yang menjadi pusat perhatian pelaksanaan new normal, yakni di tempat publik seperti pasar serta pusat perbelanjaan yang ada di Kota Cilegon. Pemkot Cilegon pun akan membagikan 2.500 masker kepada masyarakat.

“Saya ingin seminggu sekali melakukan evaluasi, sudah berubah enggak,” ujarnya.

Edi berharap, semua elemen di Kota Cilegon bisa berubah dan mulai beradaptasi dengan protokol new normal, meskipun belum menyeluruh. Dengan demikian Penanganan Covid-19 akan suskes jika dilakukan secara bersama baik oleh pemerintah, penegak hukum, dan masyarakat.

“Saya berharap  seluruh bisa kerjasama baik dengan seluruh pihak sehingga bisa saling bahu membahu menyikapi bencana non alam ini,” harapnya.

Sementara usai pelaksaanan apel, kepada awak media Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana menegaskan pelaksanaan kebijakan new normal harus ada perubahan dan tidak hanya sekadar seremonial saja. 

“Saya harap tidak sekadar launching, masuk ke media, besok tidak ada perubahan. Dilaunching atau tidak dilaunching harus ada perubahaan, harus ada action dari masing-masing stakeholder sesuai tugas masing-masing,” tegas Yudhis.

Kapolres mengungkapkan, sebelum pelaksaanan new normal Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon sebelumnya menetapkan protokol jual beli, misalnya tidak ada kontak langsung antaran pedagang dan pembeli sehingga ke depannya pelaksanaan protokol tersebut harus ditegakkan dan terus menerus.  

“Sudah dua bulan yang lalu sejak diterapkan maklumat Kapolri, kita menjabarkan protokol jual beli yang ada di pasar di mana si penjual memakai masker, sarung tangan dan menyiapkan hand sanitizer karena memang uang ini biangnya penyakit. Dan kalau bisa tidak ada sentuhan langsung antara penjual dan pembeli dengan menggunakan alat bantu seperti keranjang dan lain-lain,” jelasnya.

Yudhis memastikan, pelaksanaan penerapan serta pengawasan new normal ini dilakukan secara preventif, edukatif, dan  humanis.

“Kejadian di Amerika Serikat diharapkan menjadi pelajaran terbaik bagi kita untuk memperlakukan masyarakat,” tandasnya.

 

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

 


Baca Juga

Berita Pilihan

Hadapi Era Kenormalan Baru, Ini Pesan Dewan untuk Pemkot Cilegon

Penulis Kabar Banten - 29 Mei 2020
 

Rapat dengar pendapat antara DPRD Kota Cilegon dan BPBD Kota Cilegon di aula rapat DPRD, Selasa (14/4).

CILEGON, (KB).- Anggota DPRD Cilegon dari Fraksi Nasdem-PKB Sanudin meminta Pemerintah Kota Cilegon memperhatikan Pondok Pesantren (Ponpes) dalam menghadapi era kenormalan baru.

Baca Selengkapnya

Salah Informasi Berulang, Anggota DPRD Cilegon Pertanyakan Kinerja Gugus Tugas

Oleh Redaksi https://www.bantennews.co.id/ - Minggu, 31 Mei 2020 | 21:03 WIB
 

Ketua DPC partai Demokrat Cilegon, Rahmatulloh. (Foto : Gilang)

CILEGON – Kesalahan informasi kepada masyarakat oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon, Aziz Setia Ade Putera disesalkan Anggora DPRD Cilegon, Rahmatulloh.

Baca Selengkapnya

Anggota Dewan PKS Kunjungi Rumah Warga Di Cilegon Yang Sudah Rapuh

Penulis : Imam B Carito - 02 juni 2020
 

Anggota DPRD Provinsi Banten, Shinta Wisnu W dan Wakil impinan DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun saat meninjau Nenek Jijah (Foto : SBS032)

Cilegon (02/06/2020), Satubanten.com – Kabar tersiarnya seorang nenek berusia lanjut yang tinggal di rumah reot sebatang kara sempat viral di jagat maya.

Baca Selengkapnya

Hearing DPRD Cilegon Soal Sengketa Lahan Parkir CBS, PT Sehati Mangkir

Penulis : Redaksi https://selatsunda.com/ - 3 Juni, 2020 03:41
 

Gedung DPRD Kota Cilegon (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Komisi IV DPRD Kota Cilegon menggelar rapat dengar pendapat (hearing) terkait sengketa lahan parkir Cilegon Business Square.

Baca Selengkapnya

Anggota Dewan Sebut Transfer Informasi Covid-19 di Kota Cilegon Tidak Maksimal

Ardiansyah Sriwijaya, titiknol.co.id, Rabu, 15/04/2020 21:02 WIB
 

Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPRD Kota Cilegon dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat DPRD Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Transfer Informasi tentang virus Corona (Covid-19) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon kepada masyarakat dinilai tidak terkoordinasi dengan baik.

Baca Selengkapnya

Berita Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan, pembahasan agenda kegiatan DPRD KOTA CILEGON, penyampaian LPKJ Walikota Cilegon, masa reses DPRD

Baca Selengkapnya

On Line

We have 15 guests and no members online

Pengunjung

622260
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
391
424
2052
3293
622260

IP Anda: 3.228.21.204