1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Tak Mendapatkan BST dari Kemensos, Warga Kalentemu Ramai-ramai Datangi Kelurahan




Oleh ; Redaksi - https://suarabantennews.com/, Selasa, 2 Juni 2020
 

Puluhan warga Lingkungan Kalentemu Timur RW 05 mendatangi Kantor Kelurahan Samangraya, Selasa (2 Juni 2020).

CILEGON (SBN) — Akibat tidak menerima bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp600 ribu dari Kementerian Sosial, puluhan warga Lingkungan Kalentemu Timur RW 05, Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, ramai-ramai mendatangi kantor kelurahan setempat untuk menanyakan hal tersebut, Selasa (2 Juni 2020).

Puluhan warga yang mayoritas ibu-ibu itu menuntut kejelasan dari pihak kelurahan soal dana BST dari Kementerian Sosial itu karena banyak warga tidak mampu yang tidak mendapatkan bantuan tersebut, khususnya RW 05, Kelurahan Samangraya.

“Warga minta bantuan kepada kelurahan supaya mendapat bantuan. Kita sudah mengajukan ke kelurahan dan dari kelurahan juga sudah diajukan ke Dinsos, tapi tidak dapat. Kenapa?” kata Yuli, salah seorang perwakilan warga.

Yuli menambahkan, ada kejanggalan pada penyaluran bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19 tersebut. Meski warga RW 05 sudah menyerahkan data KK kepada RT untuk dilanjutkan ke kelurahan dan ke Dinas Sosial, faktanya yang menerima justru warga yang mampu saja.

“Kejanggalannya, warga yang tidak mampu tidak mendapatkan bantuan, tapi yang mampu semua mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Usai mediasi dengan pihak kelurahan, rombongan ibu-ibu tersebut menyerahkan kembali 60 KK dari warga yang tidak mendapat bantuan sosial tunai dari kementerian itu, khususnya warga RT 04 RW 05 Lingkungan Kalentemu, sekaligus berharap data itu dapat diakomodasi sebagai penerima BST.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Kelurahan Samangraya Furqon mengatakan, data yang sudah dikumpulkan RT dan RW sudah diterima seluruhnya dan sudah dilanjutkan ke Dinas Sosial. Namun, Furqon tidak mengetahui penyebab BST untuk mereka tidak keluar.

“Semua data sudah kita usulkan dan kita kirimkan ke Dinsos. Terkait data-data yang tidak masuk itu mungkin ada miskomunikasi. Nanti kita telusuri,” kata Furqon.

Furqon melanjutkan, warga RT 04 yang menanyakan bantuan itu tercatat sekitar 60 KK dan datanya akan diajukan kembali ke Dinas Sosial. Namun, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan. Dinas Sosiallah yang memiliki kewenangan itu.

Sutarno, Ketua RW 05 Samangraya, mengaku sudah mengajukan data warga dan menyerahkannya ke kelurahan. Dia menduga data yang digunakan dalam penyaluran tersebut  adalah data lama.

“Semua data warga kita ajukan ke kelurahan dan diajukan ke Dinsos. Herannya, ada yang meninggal masuk penerima. Ini mungkin Kemensos pakai data lama,” ungkapnya.

Saat ini, penyaluran bantuan warga terdampak Covid-19 di Kota Cilegon cukup semrawut, di antaranya karena penyaluran bantuan sosial bagi warga terdampak ekonomi sebanyak 8.706 orang pada tahap pertama hingga saat ini belum tuntas. Penyaluran bantuan ini dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Cilegon di Aula Kominfo dan dihadiri unsur Forkopimda pada Rabu (6 Mei 2020).  Kemudian muncul lagi bantuan sosial tunai (BST) sehingga warga kebingungan. (Wawan/Atm)

 

 


Baca Juga

Berita Pilihan

Hadapi Era Kenormalan Baru, Ini Pesan Dewan untuk Pemkot Cilegon

Penulis Kabar Banten - 29 Mei 2020
 

Rapat dengar pendapat antara DPRD Kota Cilegon dan BPBD Kota Cilegon di aula rapat DPRD, Selasa (14/4).

CILEGON, (KB).- Anggota DPRD Cilegon dari Fraksi Nasdem-PKB Sanudin meminta Pemerintah Kota Cilegon memperhatikan Pondok Pesantren (Ponpes) dalam menghadapi era kenormalan baru.

Baca Selengkapnya

Salah Informasi Berulang, Anggota DPRD Cilegon Pertanyakan Kinerja Gugus Tugas

Oleh Redaksi https://www.bantennews.co.id/ - Minggu, 31 Mei 2020 | 21:03 WIB
 

Ketua DPC partai Demokrat Cilegon, Rahmatulloh. (Foto : Gilang)

CILEGON – Kesalahan informasi kepada masyarakat oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon, Aziz Setia Ade Putera disesalkan Anggora DPRD Cilegon, Rahmatulloh.

Baca Selengkapnya

Anggota Dewan PKS Kunjungi Rumah Warga Di Cilegon Yang Sudah Rapuh

Penulis : Imam B Carito - 02 juni 2020
 

Anggota DPRD Provinsi Banten, Shinta Wisnu W dan Wakil impinan DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun saat meninjau Nenek Jijah (Foto : SBS032)

Cilegon (02/06/2020), Satubanten.com – Kabar tersiarnya seorang nenek berusia lanjut yang tinggal di rumah reot sebatang kara sempat viral di jagat maya.

Baca Selengkapnya

Hearing DPRD Cilegon Soal Sengketa Lahan Parkir CBS, PT Sehati Mangkir

Penulis : Redaksi https://selatsunda.com/ - 3 Juni, 2020 03:41
 

Gedung DPRD Kota Cilegon (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Komisi IV DPRD Kota Cilegon menggelar rapat dengar pendapat (hearing) terkait sengketa lahan parkir Cilegon Business Square.

Baca Selengkapnya

Anggota Dewan Sebut Transfer Informasi Covid-19 di Kota Cilegon Tidak Maksimal

Ardiansyah Sriwijaya, titiknol.co.id, Rabu, 15/04/2020 21:02 WIB
 

Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPRD Kota Cilegon dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat DPRD Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Transfer Informasi tentang virus Corona (Covid-19) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon kepada masyarakat dinilai tidak terkoordinasi dengan baik.

Baca Selengkapnya

Berita Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan, pembahasan agenda kegiatan DPRD KOTA CILEGON, penyampaian LPKJ Walikota Cilegon, masa reses DPRD

Baca Selengkapnya

On Line

We have 10 guests and no members online

Pengunjung

622242
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
373
424
2034
3275
622242

IP Anda: 3.228.21.204