1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Gelombang PHK di Cilegon Diprediksi Juni




Oleh ; Redaksi - https://www.radarbanten.co.id/, Selasa, 2 Juni 2020 14:27
 

Illustrasi - https://www.radarbanten.co.id/

CILEGON – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon memprediksi gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) mulai terjadi di Kota Cilegon pada Juni.

Hal itu berdasarkan kajian Disnaker Kota Cilegon terhadap kondisi perekonomian selama masa pandemi Covid-19.

 

Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnaker Kota Cilegon Tuah Sitepu menjelaskan, prediksi gelombang PHK mengacu pada sikap sejumlah perusahaan yang mengeluarkan kebijakan merumahkan beberapa karyawan beberapa waktu terakhir. “Karena sekarang masih dirumahkan. Karena yang dirumahkan jika status perusahaan tidak baik maka di-PHK,” ujar Tuah.

 

Menurut Tuah, PHK itu dimungkinkan jika kondisi perusahaan tak kunjung membaik akibat berbagai hal, salah satunya adalah dampak Covid-19. Namun, sebelum mem-PHK sejumlah pekerja, perusahaan harus meperhatikan aturan ketenagakerjaan serta memenuhi hak-hak pekerja.

 

Selain dalam persoalan PHK, kata Tuah, perusahaan harus memenuhi hak pekerja yang telah dirumahkan. “Yang dia tidak dapatkan uang lembur, uang transport, uang makan, yang diluar gaji pokok,” ujar Tuah.

 

Perusahaan bisa tidak membayar penuh hak pekerja jika sebelumnya telah dilakukan kesepakatan dengan pekerja tersebut.  “Kesepakatan awal, kesepakatan kedua belah pihak. Misalnya Anda dirumahkan, perusahaan kita berat sekali, Anda di rumah dulu, kita tidak ada projek, mohon pengertian dulu, gaji kalian sekian untuk sekian lama, itu sah-sah saja,” papar Tuah.

 

Berdasarkan catatan Disnaker Kota Cilegon, ada 231 pekerja yang telah dirumahkan. Data tersebut mengacu pada perusahaan yang telah melapor ke Disnaker. Pada laporan tersebut, sejumlah perusahaan tidak membayar gaji pekerja yang dirumahkan, ada juga yang membayar setengah gaji. “Nah ini masih kita dalami, apakah itu memang sesuai kesepakatan, atau karena persoalan lain,” paparnya.

 

Sebelumnya, Kepala Disnaker Kota Cilegon Suparman menjelaskan, hingga pekan kemarin, belum ada satu perusahaan pun yang melapor melakukan PHK kepada karyawan akibat Covid-19. “Ada juga perorangan, itu juga bukan karena Covid-19, tapi persoalan lain,” ujar Suparman.

 

Dijelaskan Suparman, Pemkot Cilegon telah menganggarkan anggaran Rp500 juta untuk bantuan kepada tenaga kerja yang terkena PHK. Namun, karena hingga saat ini belum ada laporan resmi tentang PHK  maka anggaran itu bun belum bisa terserap. (bam/alt)

 

 


Baca Juga

Berita Pilihan

Hadapi Era Kenormalan Baru, Ini Pesan Dewan untuk Pemkot Cilegon

Penulis Kabar Banten - 29 Mei 2020
 

Rapat dengar pendapat antara DPRD Kota Cilegon dan BPBD Kota Cilegon di aula rapat DPRD, Selasa (14/4).

CILEGON, (KB).- Anggota DPRD Cilegon dari Fraksi Nasdem-PKB Sanudin meminta Pemerintah Kota Cilegon memperhatikan Pondok Pesantren (Ponpes) dalam menghadapi era kenormalan baru.

Baca Selengkapnya

Salah Informasi Berulang, Anggota DPRD Cilegon Pertanyakan Kinerja Gugus Tugas

Oleh Redaksi https://www.bantennews.co.id/ - Minggu, 31 Mei 2020 | 21:03 WIB
 

Ketua DPC partai Demokrat Cilegon, Rahmatulloh. (Foto : Gilang)

CILEGON – Kesalahan informasi kepada masyarakat oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon, Aziz Setia Ade Putera disesalkan Anggora DPRD Cilegon, Rahmatulloh.

Baca Selengkapnya

Anggota Dewan PKS Kunjungi Rumah Warga Di Cilegon Yang Sudah Rapuh

Penulis : Imam B Carito - 02 juni 2020
 

Anggota DPRD Provinsi Banten, Shinta Wisnu W dan Wakil impinan DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun saat meninjau Nenek Jijah (Foto : SBS032)

Cilegon (02/06/2020), Satubanten.com – Kabar tersiarnya seorang nenek berusia lanjut yang tinggal di rumah reot sebatang kara sempat viral di jagat maya.

Baca Selengkapnya

Hearing DPRD Cilegon Soal Sengketa Lahan Parkir CBS, PT Sehati Mangkir

Penulis : Redaksi https://selatsunda.com/ - 3 Juni, 2020 03:41
 

Gedung DPRD Kota Cilegon (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Komisi IV DPRD Kota Cilegon menggelar rapat dengar pendapat (hearing) terkait sengketa lahan parkir Cilegon Business Square.

Baca Selengkapnya

Anggota Dewan Sebut Transfer Informasi Covid-19 di Kota Cilegon Tidak Maksimal

Ardiansyah Sriwijaya, titiknol.co.id, Rabu, 15/04/2020 21:02 WIB
 

Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPRD Kota Cilegon dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat DPRD Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Transfer Informasi tentang virus Corona (Covid-19) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon kepada masyarakat dinilai tidak terkoordinasi dengan baik.

Baca Selengkapnya

Berita Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan

Cilegon, Jumat 17 april 2020 - Rapat Pimpinan, pembahasan agenda kegiatan DPRD KOTA CILEGON, penyampaian LPKJ Walikota Cilegon, masa reses DPRD

Baca Selengkapnya

On Line

We have 13 guests and no members online

Pengunjung

622275
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
406
424
2067
3308
622275

IP Anda: 3.228.21.204